Jumat, 02 Oktober 2015

DIBALIK MENULIS ARTIKEL TENTANG RUMAH BADAK

Karena ada lomba menulis artikel tentang Rumah Badak yang diadakan oleh VIVA.co.id, kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam lomba itu. Sebelum menulis tentang Rumah Badak, kami meriset dan mencari hal-hal yang terkait tentang Badak di Bumi Panda WWF komunitas yang melindungi hewan-hewan yang di lindungi di Indonesia.  Kami mencari tentang badak di  perpustakaan yang penuh dengan buku-buku tentang binatang  yang dilindungi WWF. 70% informasi  yang di dapat tentang Badak berasal dari buku.  Jadi membaca  buku sangat penting dan adalah sumber informasi untuk menulis sesuatu atau artikel.     Kami membaca buku, majalah yang di terbitkan oleh WWF untuk mendapatkan informasi yang menarik.  Saya hanya mengambil informasi yang berbentuk fakta tidak yang mitos atau yang belum pasti agar tulisan saya lebih berbobot.

Selain dari buku, kami juga mencari sumber informasi dari internet. Contohnya rumah Badak Jawa itu di Ujung Kulon jadi kami harus cari di internet rumahnya ini terletaknya dimana, tempat seperti apa dan berapa jumlah sisa badak-badak ini. Jika tidak mengunakan internet butuh waktu lama untuk mencari informasi yang jarang seperti rumah Badak.


Setelah selesai mencari dan mengumpulkan informasi, saya menulis apa yang saya catat di perpustakaan dan internet. Menulis poin-poin yang penting dan menarik. VIVA.co.id meminta minimum 2000 karakter dalam tulisan  jadi saya harus mengatur agar dengan poin-poin yang saya dapat bisa menutupi 2000 karakter.  Setelah selesai menulis, kak Agni membantu saya memeriksa apa yang kurang, memberi saran dan mengedit tulisannya agar menarik. 

1 komentar:

  1. Wah.... Dennis ternyata bisa menulis menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai EYD.

    BalasHapus